الثلاثاء، 26 فبراير 2013

Makalah Etika Idiologi


Kata Pengantar

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala limpahan Rahmat, Inayah, Taufik dan Hinayahnya sehingga saya dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Semoga makalah ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi parapembaca sekalian.

Harapan saya semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga saya dapat memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini sehingga kedepannya dapat lebih baik.

Makalah ini saya akui masih banyak kekurangan karena pengalaman yang saya miliki sangat kurang. Oleh kerena itu saya harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini. Dan dapat maklum adanya.


BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Zaman semakin berkembang dengan pesat, etika pun juga semakin berkembang, dan salah satunya adalah etika . Etika adalah  teori tentang tingkah laku perbuatan manusia dipandang daari segi baik dean buruk sejauh yang dapat ditentukan oleh akal. Perkembangan etika sendiri sudah cukup banyak. Contohnya dalam bidang pergaulan, sosial, keluarga, politik, profesi, lingkungan hidup dan idiologi. Dan disini saya sebagai penulis dari makalah ini akan menjelaskan tentang salah satu dari pada perkembangan dari etika, diantaranya adalah etikai diologi.

B. Rumusan masalah

Berdasarkan uraian latar belakang di atas maka dapat ditentukan rumusan masalah dalam makalah ini adalah untuk membahas tentang apa itu etika idiologi.

C. Tujuan

untuk memberitahukan kepada pembaca-pembaca sekalian pengertian tentang etika idiologi


BAB II
Pembahasan
Pengertian Etika (Etimologi), berasal dari bahasa Yunani adalah “Ethos”, yang berarti watak kesusilaan atau adat kebiasaan (custom). Etika biasanya berkaitan erat dengan perkataan moral yang merupakan istilah dari bahasa Latin, yaitu “Mos” dan dalam bentuk jamaknya “Mores”, yang berarti juga adat kebiasaan atau cara hidup seseorang dengan melakukan perbuatan yang baik (kesusilaan), dan menghindari hal-hal tindakan yang buruk.Etika dan moral lebih kurang sama pengertiannya, tetapi dalam kegiatan sehari-hari terdapat perbedaan, yaitu moral atau moralitas untuk penilaian perbuatan yang dilakukan, sedangkan etika adalah untuk pengkajian sistem nilai-nilai yang berlaku.
Istilah lain yang identik dengan etika, yaitu: usila (Sanskerta), lebih menunjukkan kepada dasar-dasar, prinsip, aturan hidup (sila) yang lebih baik (su). Dan yang kedua adalah Akhlak (Arab), berarti moral, dan etika berarti ilmu akhlak.
etika adalah teori tentang tingkah laku perbuatan manusia dipandang daari segi baik dean buruk sejauh yang dapat ditentukan oleh akal
Ideologi adalah kumpulan ide atau gagasan. Kata ideologi sendiri diciptakan oleh Destutt de Tracy pada akhir abad ke-18 untuk mendefinisikan "sains tentang ide". Ideologi dapat dianggap sebagai visi yang komprehensif, sebagai cara memandang segala sesuatu (bandingkan Weltanschauung), secara umum (lihat Ideologi dalam kehidupan sehari hari) dan beberapa arah filosofis (lihat Ideologi politis), atau sekelompok ide yang diajukan oleh kelas yang dominan pada seluruh anggota masyarakat. Tujuan untama dibalik ideologi adalah untuk menawarkan perubahan melalui proses pemikiran normatif. Ideologi adalah sistem pemikiran abstrak (tidak hanya sekadar pembentukan ide) yang diterapkan pada masalah publik sehingga membuat konsep ini menjadi inti politik. Secara implisit setiap pemikiran politik mengikuti sebuah ideologi walaupun tidak diletakkan sebagai sistem berpikir yang eksplisit.(definisi ideologi Marxisme).
Secara umum dapat dikatakan bahwa ideologi merupakan sistem keyakinan yang dianut masyarakat untuk menata dirinya sendiri. Pada era perang dingin sesudah PD II, masalah ideologi telah menjadi pusat perdebatan bagi banyak pakar di Amerika. Yang paling terkenal adalah pendapat seorang sosiolog Daniel Bell yang dalam bukunya meramalkan bahwa ideologi telah sampai kepada ajalnya dan trenyata ramalan itu menjadi kenyataan dengan hancurnya komunisme pada akhir abad ke-20.

Berikut ini adalah pengertian dan definis ideologi:

# MARX
Ideologi sangat erat terkait dengan kekuasaan yang terpusat pada negara atau masyarakat politik berhadap-hadapan dengan masyarakat sipil.

# ANTONIO GRAMSCI
Ideologi yang dominan tidak hanya dapat dimenangkan melalui jalan revolusi atau kekerasan oleh institusi-institusi negara tetapu juga dapat melalui jalan hegemoni melalui institusi-institusi negara tetapi juga dapat melalui jalan hegemoni melalui institusi-institusi lain, seperti institusi agama, pendidikan, media massa, dan keluarga

# LOUIS ALTHUSSER
Ideologu merupakan sistem keyakinan yang menyembunyikan kontradiksi-kontradiksi internalnya. Artinya, dalam setiap ideologi disembunyikan kontradiksi-kontradiksi dalam ajaran-ajarannya.

# FOUCAULT
Ideologi tersangkut dengan 4 hal, yaitu: ekonomi sebagai basisnya, kelas yang berkuasa, kekuasaan represif, dan sesuatu yang berlawanan dengan kebenaran sejati

# BP-7 Pusat (Saat ini sudah dilikuidasi)
Ideologi adalah ajaran, doktrin, teori yang diyakinin kebenarannya yang disusun secara sistematis dan diberi petunjuk pelaksanaan dalam menanggapi dan menyelesaikan masalah yang dihadapi dalam masyarakat, berbangsa, dan bernegara

# Prof. Dr. Maswadi Rauf
Ideologi adalah rangkaian (kumpulan) nilai yang disepakati bersama untuk landasan atau pedoman dalam mencapai tujuan atau kesejahteraan bersama

# GLOCK
Ideologi adalah sautu visi, sutau gambaran verbal tentang masyarakat yang baik dan sarana-sarana utama untuk mencapainya

# LORENS BAGUS
* Secara harafiah: Ideologi merupakan ilmu pengetahuan tentang ide, suatu studi tentang asal usul ide.
* Dalam penggunaan modern: Ideologi berarti teorisasi atau spekulasi dogmatik dan khayalan kosong yang tidak betul atau tidak realistis, bahkan palsu dan menutup-nutupi realitas yang sesungguhnya.
Dalam arti melioratif: ideologi adalah setiap sistem gagasan yang mempelajari keyakinan hal-hal ideal, filosofis, ekonomis, politis, dan sosial.

Dengan adanya pengertian di atas antara etika dan idiologi dapat disimpulkan bahwa etika idiologi adalah sebuah teori tentang tingkah laku perbuatan manusi yang mempelajari tentang keyakinan hal-hal ideal, filosofis, ekonomi, politis dan sosial untuk tercapainya tujuan atau kesejahteraan bersama yang dapat dipandang dari segi baik maupun dari segi buruk sejauh yang dapat ditentukan oleh akal untuk pengkajiar sisem hal-hal yang berlaku.


BAB III
Kesimpulan
Bahwa etika idiologi itu sangat penting untuk di terapkan dalam kehidupkan sehari-hari . Diantaranya di dalam kehidupan bermasyarakat maupun indifidual.
Daftar Pustaka
http://id.wikipedia.org/wiki/Ideologi
http://satyaariyono.wordpress.com/2012/04/22/pengertian-ideologi/
http://jeanecutepink-jeane.blogspot.com/2012/03/pengertian-etika.html
http://tanudjaja.dosen.narotama.ac.id/2012/02/06/pengertian-etika-moral-dan-etiket/
http://carapedia.com/pengertian_definisi_ideologi_info2008.html
http://exoticpurple.wordpress.com/2011/10/04/pengertian-etika-dan-contoh-dari-etika/
http://id.shvoong.com/society-and-news/news-items/2005723-pengertian-ideologi/

ليست هناك تعليقات:

إرسال تعليق